Ming. Apr 21st, 2019

Polisi Grebek Pabrik Miras Di Jombang

  • 845
    Shares

isjnews.com, Jombang: Pabrik pembuatan Minunan Keras (Miras) jenis Arak yang berada di Dusun Gedangkeret, Desa Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, di grebek Unit Resmob Polres Jombang, Senin 18/3/2019.

Dalam penggerebekan tersebut, dua orang berhasil diamankan petugas. Keduanya pun terlihat kaget dan panik saat petugas datang dengan tiba – tiba.

Kedua orang yang diamankan yakni bernama Lamsio (48), warga asal Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban serta Mulyadi (32), warga Dusun Gedangkeret sendiri. Mereka diamankan sekira pukul 17:30 Wib, ketika sedang melakukan proses pembuatan miras.

Tersangka Lamsio bertugas sebagai peracik miras dan Mulyadi sebagai pembantu pembuatan miras. Sedangkan pemilik pabrik masih dilakukan pengejaran, karena waktu penggerebekan tak ada di lokasi.

“Kami lakukan pengintain setelah dapat informasi dari warga bahwa di rumah tersebut digunakan untuk memproduksi miras,”ucap AKP Azi Pratas Guspitu, Kasat Reskim Polres Jombang.

Dari TKP, lanjut Azi, enam drum berisi arak kami amankan, pihaknya jiga juga menyita arak yang siap edar yang sudah dikemas dalam botol plastik bekas wadah air mineral berukuran 1,5 liter. Serta ratusan botol kosong yang digunakan mengemas arak.

“Kami berhasil mengamankan sebanyak 6 drum yang berisi gula aren yang dicampur dengan air sumur yang kemudian akan disuling menjadi arak. Dalam rumah tersebut kami juga mendapati alat penyuling arak,”imbuhnya.

“Dari pengakuan tersangka, pabrik ini sudah beroperasi sekitar 6 bulan. Dalam sehari bisa memproduksi sebanyak 98 botol arak. Untuk satu kardus berisi 12 botol dan dijual seharga 300 ribu rupiah,”paparnya.

Dalam rumah tersebut terdapat 4 ruangan, ruangan pertama digunakan menyimpan drum berisi air sumur yang sudah dicampur gula aren. Ruangan kedua digunakan sebagai tempat penyulingan. Sedangkan ruangan ketiga dan keempat untuk menyimpan botol berisi miras siap edar dan botol kosong.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka beserta barang bukti saat ini diamankan di Mapolres Jombang. Keduanya dijerat Pasal 304 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *