Sel. Mei 21st, 2019

Banjir di Ponorogo, rendam 10 Kecamatan

Tengah kota Ponorogo yang terendam banjir semalam (06/03/2019)/foto: istimewa

  • 1.5K
    Shares

isjnews.com, Ponorogo. Hujan dengan intensitas tinggi dan ringan yang mengguyur sebagian besar Kabupaten Ponorogo mulai sekira pukul 16:19 wib hingga tengah malam membuat banjir di Ponorogo dan hampir di 10 Kecamatan. Kamis (07/03/2019).

Menurut informasi yang dihimpun team isjnews.com, semalam banjir juga terjadi di tengah kota Ponorogo. Dari pantauan visual yang dilakukan Pusdalops-BPBD Ponorogo hingga pagi ini cuaca masih mendung cenderung hujan ringan.


Baca Juga:


Akibat hujan yang terjadi kemarin sore (Rabu, 06/032019- red) hingga tengah malam dengan intensitas hujan ringan cenderung deras, tercatat ada 10 kecamatan di Ponorogo yang terendam banjir. Banjir tersebut mengenai pemukiman warga, persawahan serta jalan raya. Srhingga mengakibatkan banyak kemacetan serta ada beberapa ruas jalan terpaksa harus ditutup total.

Masih dari informasi yang dikumpulkan, 10 kecamatan yang terendam banjir di Ponorogo diantaranya Kecamatan Siman, Kecamatan Balong, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Ponorogo, Kecamatan Slahung, Kecamatan Kauman, Kecamatan Jambon, Kecamatan Bungkal, Kecamatan Mlarak dan Kecamatan Ngrayun.

Di Kecamatan Siman, banjir merendam sebagian di daerah Kelurahan Ronowijayan dengan menggenangi jalan raya dari STAIN Ponorogo hingga perempatan Jerukding. Sementara di Desa Brahu, banjir setinggi lutut orang dewasa, sehingga arus lalu lintas ditutup sementara oleh warga. Sedangkan di Desa Beton, Kecamatan Siman banjir mengenai pemukiman warga, salah satunya rumah milik bapak Sanan warga Desa Beton, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

Di Kecamatan Balong, tercatat banjir di Desa Dadapan, Desa Munengdan daerah Dukuh Genuk Desa Sedarat. Banjir ini disebabkan tanggul sungai Dadapan yang jebol, sehingga air menggenang i pemukiman warga.

Sementara di Kecamatan Sukorejo, banjir mengenai jalan Dukuh Ngambakan Desa Bangunrejo setinggi 30 cm – 35 cm. Sedangkan di Pusat Ponorogo, banjir mengenai Dukuh Tepeng Kelurahan Pinggirsari, Kelurahan Paju, Pondok Datul HudaMayak, Kelurahan Tonatan yang menggenangi ruang kelas setinggi 10 cm serta rumah warga di sekitarnya. Bahkan jalan Pancar depan pasar burung Tonatan jalan tertutup oleh pohon yang roboh melintang di tengah jalan. Sedangkan di Kelurahan Brotonegoro, sungai meluap hingga di jalan raya setinggi pinggang orang dewasa. Akibatnya jalan ditutup sementara oleh warga.

video amatir banjir di tengah kota Ponorogo semalam(06/03/2019)

Begitu juga di kecamatan-kecamatan lainnya, seperti Slahung, Kamuman, Jambon, Bungkal, Mlarak dan Ngrayun. Rata-rata banjir setinggi kurang lebih 60 cm serta menumbangkan pohon. Sehingga ada beberapa ruas jalan yang ditutup oleh warga.

Farid, Operator yang bertugas di Pusdalops-BPBD Ponorogo membenarkan kejadian banjir di beberapa wilayah Ponorogo. “Benar, ada beberapa wilayah di Ponorogo yang tergenang banjir dengan rata-rata ketinggian 30 cm hingga 60 cm”,ucap Farid.

“Sekitar 10 kecamatan yang terdampak banjir”, tambah Farid.

banjir yang menggenangi pemukiman warga

“Saat ini masih terjadi hujan ringan, dan warga yang terdampak banjir tersebut di bagi menjadi 3 titik pengungsian dengan jumlah pengungsi mencapai 543 orang”, Farid menambahkan informasi. “Kemungkinan bisa bertambah jumlah pengungsinya, karena cuaca masih mendung cenderung hujan ringan”, tambah Farid lagi.

Kepada masyarakat yang membutuhkan informasi terkait banjir yang terjadi di Ponorogo, bisa menghubungi nomor layanan Pusdalops-BPBD Ponorogo di nomor telepon 0352-463232 atau via email BPBD.ponorogo@gmail.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *