Sel. Mei 21st, 2019

Akar Pohon Jadi Karya Bernilai Tinggi

  • 198
    Shares

isjnews.com, Jombang: Kayu kering tak semuanya dijadikan sebagai kayu bakar. Sebab, kayu yang sudah kering bisa di jadikan karya seni yang bernilai jual.

Seperti halnya yang dilakukan pria satu ini, dengan keuletan dari tangan kreatifnya, ia memanfaatkan kayu yang sudah kering untuk dijadikan sebuah pohon kertas jadi hiasan rumah.

Kodir Saat Merangkai Bunga Kertas

Ide pembuatan bunga kertas ini muncul karena terinspirasi dari hobinya terhadap pohon bonsai. Kemudian ia memanfaatkan kayu kering yang berbentuk unik dan menarik untuk dijadikan pohon kertas yang menyerupai bonsai.

“Ini terbuat dari akar pohon yang sudah kering, kemudian di cat atau di plitur sehingga menyerupai pohon yang masih hidup,”ucapnya, Minggu (10/02).


Baca juga


Cara pembuatannya cukup gampang, kita tinggal mencari kayu dari pohon yang sudah tumbang atau ditebang. Bisa dari akar atau dari ranting pohon yang sekiranya berbentuk unik dan menarik. Lantas dihilangkan kulit kayunya hingga tersisa kayu yang keras. Setelah itu dihaluskan menggunakan kertas gosok.

“Dicari dulu yang sekiranya unik, kemudian di potong sesuai keinginan. Setelah itu di kasih daun yang terbuat dari kertas,”imbuhnya.

Pria yang kesehariannya dikenal dengan panggilan ‘Pra’i Wijaya’ ini biasanya menggunakan kertas yang dirakit menyerupai daun dan bunga. Namun, jika kesulitan membuat daun/bunga dari kertas, bisa langsung beli yang sudah jadi tetapi biasanya berbahan plastik.

Usai semua rampung, biar bunga kertas kelihatan lebih menarik, ditaruh diatas pot dari kayu yang dibuatnya sendiri sesuai dengan bentuk bunga. Kemudian ditambai dengan variasi rumput – rumputan yang terbuat dari bahan plastik dan batu – batu kecil yang berwarna – warni.

“Daun dan bunganya biasanya buat dari kertas, tapi yang sudah jadi juga ada di toko – toko aksesoris berupa daun/bunga dari plastik. Nanti di kasih pot dan di pasang rumput – rumputan biar tambah kelihatan seperti sunguhan,”paparnya.

Sedangkan alat yang digunakan, cukup dengan menggunakan gergaji, bor kayu (untuk membuat lobang tempat daun/bunga), serta lem.


Baca berdasarkan Kategori


Untuk memasarkan hasil karyanya, ia biasanya menggunakan media sosial Facebook. Harganya pun cukup terjangkau, untuk satu bunga harganya bervariasi, tergantung ukuran, bentuk serta tingkat kesulitan dalam perakitannya. Biasanya ia metatok harga sekitar 100 – 500 ribu rupiah untuk satu paket bunga kertas.

Saat ini hasil karyanya sudah dikenal di sekitar tempat tinggalnya, bahkan penjualannya sudah sampai ke wilayah Kabupaten Kediri dan Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *