Sen. Jul 22nd, 2019

Pengrajin Arca Jombang Tembus Pasar Dunia

Fauzi Saat Pahat Arca Budha

  • 733
    Shares

isjnews.com, Jombang: Tahukah anda bahwa di Kabupaten Jombang terdapat seorang Pengrajin Arca? Ia adalah Ya’kub, pria berusia 32 tahun asal Dusun Sedah, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno – Jombang. Dirinya berprofesi membuat arca dari bahan baku batu.

Profesi sebagai pemahat batu sudah ia tekuni sejak 14 tahun silam, sewaktu dirinya masih berdomisili di Trowulan – Mojokerto. Namun sejak 4 tahun belakangan, ia mencoba membuka usaha kerajinan arca di Kabupaten Jombang.

Saat ini karyanya sudah bisa menembus pasar hingga keluar Jawa Timur, bahkan sampai luar negeri. Diantaranya Jogjakarta, pulau Bali, Korea, Amerika dan masih banyak lagi negara – negara di Benua Eropa.

Untuk harga sebuah arca sangat bervariasi, tergantung bentuk serta ukuran. Harga satu buah arca berukuran satu meter biasanya bisa mencapai sekitar 600-800 ribu rupiah. Sedangkan ukuran besar seperti patung Budha harganya bisa mencapai 16 juta rupiah.

“Proses pembuatan patung biasanya membutuhkan waktu selama 4 hari untuk yang ukuran sekitar satu meter. Kalau yang besar bisa sampai 2 minggu, namun itu belum finish seratus persen, karena masih ada proses seperti pemolesan dan lain sebagainya,”ucap Ya’kub.

Tak hanya membuat arca, Ya’kub juga membuat beberapa jenis kerajinan lainnya yang terbuat dari batu, diantaranya wastafel, lampu taman serta wadah/tempat sabun.

Harga wastafel sendiri juga bervariasi, mulai dari 140 ribu hingga 170 ribu rupiah. Kalau lampu taman dengan ukuran 80 cm, harganya 300 ribu, sedangkan ukuran 1 meter harganya 450 ribu.

Bahan baku untuk pembuatan kerajinan tersebut dari dua jenis batu, yakni dari batu kali dan batu hijau. Untuk jenis batu kali biasanya ia datangkan dari wilayah Jombang dan Mojokerto. Sedangkan untuk batu hijau didatangkan dari daerah Pacitan.

Saat ini, dengan kegigihan serta ketelatenan di sela persaingan pasar yang mulai semakin ketat. Dirinya tak patah semangat, ia akan terus mengembangkan kreasinya dengan membuat karya – karya yang baru. Sekarang ia sudah mempunyai karyawan sebanyak 10 orang yang mampu menghasilkan karya seni bernilai tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *