Ming. Feb 24th, 2019

Kereta Api Doho menabrak truk di perlintasan Gondangmanis

ilustrasi:Kereta Api/editor: Sudi Prihatin

isjnews, Jombang. Kereta api Doho jurusan Surabaya – Blitar mengalami kecelakaan dengan truk di perlintasan tanpa palang pintu. Lokasi tepatnya ada di jalan raya Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang pada hari Sabtu (03/02), sekira pukul 20:00 wib.

Kondisi truk yang tertabrak KA/foto: WAG ISJ

Menurut keterangan yang diperoleh, kereta api Doho dengan nomor lokomotif CC2017716 jurusan Surabaya – Blitar menabrak truk engkel Dyna bernopol L 8002 UG yang terperosok di rel saat melintas. Identitas sopir truk bernama Ahmad Komarun (45), warga Desa Lambang kuning, Rt.01 Rw.01 Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Dan kernetnya bernama Murdiato (31), warga Desa Kutorejo, Rt. 02 Rw. 01, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk.

Awal mula kejadian saat truk engkel Dyna bernopol L 8002 UG melintas dari arah Utara ke Selatan. Setibanya di perlintasan kereta api, ban belakang kendaraan terperosok dan tersangkut rel kereta api, sehingga tidak bisa jalan dan mesinnya mati. Sementara itu berbarengan dengan melintas kereta api dari arah Surabaya menuju Blitar.

Melihat ada kereta api yang melintas, sementara truk yang dikendarainya terperosok dan mati mesin, maka sopir beserta kernetnya keluar untuk menyelamatkan diri. Sehingga tidak ikut tertabrak kereta api Doho yang sedang melintas.

“Saya melihat truk engkel yang melintas tadi, ban belakangnya tersangkut rel kereta api”, ucap Agung (45), warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar kedungmulyo, Kabupaten Jombang, saksi yang saat itu berada di lokasi kejadian.

“Beruntung sopir dan kernetnya sempat keluar menyelamatkan diri, tapi terlihat sok setelah kejadian yang dialaminya”, tambahnya.

“Jadi mereka berdua bisa selamat dari kecelakaan, dan hanya menabrak truk yang dikendarainya”, pungkas Agung menjelaskan kepada petugas.

Proses evakuasi bangkai truk oleh petugas

Akibat kerasnya benturan kecelakaan kereta api dengan truk engkel Dyna, truk terseret hingga sejauh 30 meter lebih. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan karena sempat keluar dari kendaraannya. Diperkirakan kerugian material mencapai 80.000.000 (delapan puluh juta rupiah).

Guna melakukan penyelidikan, maka kepolisian sektor Bandar Kedungmulyo menurunkan anggotanya untuk mengamankan lokasi kejadian seta mengatur lalu lintas. Sementara bangkai truk yang tertabrak baru dievakuasi pada pagi harinya.

Editor: Sudi Prihatin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *